Indonesia

Seri Kehidupan Kristen

Pekerjaan yang dilakukan Roh Kudus untuk membimbing kita ke dalam kebenaran


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Kebenaran adalah representasi realitas yang akurat dan lengkap. Kita tidak mempersepsikan realitas. Kita hanya melihat sebagian kecil dari semua yang nyata - representasi dari kenyataan.

Kebenaran membantu kita menghindari dua kesalahan besar dalam hidup: menolak kebenaran sebagai kesalahan (kesalahan Tipe 1) dan menerima kesalahan sebagai kebenaran (kesalahan Tipe 2). Kedua jenis kesalahan ini dapat mengakibatkan konsekuensi yang merugikan bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Kita dapat meningkatkan kualitas dan lamanya hidup kita dengan mengurangi seberapa sering kita membuat kesalahan ini dan seberapa buruk kita memandang kebenaran.

Kita menyelaraskan hidup kita melalui kepercayaan. Kita percaya bahwa persepsi kita cukup akurat dan cukup lengkap sehingga kita dapat menyelaraskan hidup kita dengannya dan bahwa kita tidak akan menderita konsekuensi yang merugikan.

Satu-satunya pilihan kita yang lain adalah mempercayai seorang pemandu - dan kemudian percaya bahwa persepsi mereka cukup akurat dan lengkap. Kita mempercayai persepsi kita tentang kebenaran, atau mempercayai seorang pemandu. Yesus mengutus Roh kebenaran untuk membimbing kita ke dalam semua kebenaran. Roh Kebenaran tidak terbatas dalam persepsinya tentang semua kebenaran: fisik - sementara dan spiritual - abadi. Ia sepenuhnya dapat dipercaya, setia, dan dapat diandalkan. Dia mengetahui kehendak Allah dan mengetahui kehendak Allah bagi kita secara khusus. Dia tahu jalan yang Tuhan miliki untuk kita, apa langkah kita selanjutnya, dan kapan kita harus mengambilnya.

Kita harus memilih siapa yang akan kita percayai untuk membimbing kita ke dalam kebenaran: diri kita sendiri atau Roh Kebenaran.

Doa yang Efektif


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Alkitab tidak memberikan definisi doa kepada kita. Akan tetapi, Alkitab memberi kita banyak contoh doa. Dari contoh-contoh ini, kita dapat memperoleh pemahaman tentang apa itu doa, jenis-jenis hasil yang harus didoakan, dan bagaimana cara berdoa. Selain contoh-contoh ini, Alkitab juga berisi sejumlah pernyataan yang memberi tahu kita apa yang dituntut dari kita untuk berdoa dengan efektif.

Meskipun ada banyak jenis doa yang berbeda, kita menemukan sejumlah elemen umum. Semua doa melibatkan komunikasi verbal dengan Allah dan kuasa Allah (Firman Allah dan iman). Semua doa juga bekerja untuk menghasilkan suatu hasil.

Penerapan Firman Tuhan melalui iman dan hasil yang dihasilkan dibatasi oleh persyaratan yang dinyatakan dalam Alkitab. Penerapan kekuatan fisik diatur oleh hukum fisik. Seharusnya tidak mengherankan untuk menemukan bahwa penerapan kuasa rohani diatur oleh hukum rohani dan bahwa persyaratan yang dinyatakan dalam Alkitab sesuai dengan hukum rohani yang mengatur doa.

Doa yang Efektif melihat apa yang Alkitab katakan kepada kita tentang doa dan berbagi wawasan tentang mengapa kita berdoa, apa itu doa, proses doa, bagaimana kita bertumbuh dan menguatkan iman, mematuhi hukum rohani dalam doa, mendapatkan jalan doa, menerapkan kuasa Allah dalam doa, mengukur kemajuan dan hasil dalam doa, serta menerima dan memelihara hasil doa kita.

Telah Berhenti dari Dosa: Hidup untuk Melakukan Kehendak Tuhan


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Dalam suratnya yang pertama, Petrus menyatakan bahwa Yesus menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya sehingga kita dapat berhenti dari dosa dan hidup untuk kebenaran. Ia melanjutkannya dengan mengatakan bahwa beberapa orang telah berhenti dari dosa.

Ia sendiri telah menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib, supaya kita berhenti berbuat dosa dan hidup untuk kebenaran. (1 Petrus 2:24)

Karena itu, karena Kristus telah menderita di dalam daging, maka pakailah cara berpikir yang sama, sebab barangsiapa telah menderita di dalam daging, ia telah berhenti dari dosa, supaya ia tidak lagi hidup dalam daging untuk memuaskan keinginan-keinginan manusiawi yang cemar, tetapi untuk kehendak Allah. (1 Petrus 4:1-2)

Petrus mengatakan bahwa ada orang-orang yang telah berhenti dari dosa. Lebih lanjut, ia menceritakan bagaimana mereka menjadi orang-orang yang telah berhenti dari dosa: mereka menderita dalam daging. Ia juga memberi kita gambaran sekilas tentang bagaimana orang-orang seperti itu hidup: tidak lagi dikendalikan oleh keinginan-keinginan yang rusak, tetapi oleh kehendak Allah.

Kemungkinan nyata untuk berhenti dari dosa harus menjadi perhatian besar bagi mereka yang mengasihi Yesus (Yohanes 14:15, KJV).

  • mengasihi Yesus (Yohanes 14:15, 21, 23, 24)

  • berusaha untuk dikendalikan oleh kehendak Allah (1 Petrus 4:1-2)

  • berusaha untuk hidup demi kebenaran (1 Petrus 2:24)

  • berusaha untuk bebas dari dosa

  • mencari pertumbuhan rohani dan kesuburan yang datang dengan bebas dari dosa

  • mencari kehidupan kekal (Matius 5:29-30, 18:8-9, Markus 9:44-47)

  • mencari persekutuan dan persatuan dengan Allah (Yohanes 14:15, 21, 23)

Setan tertarik untuk mencegah manusia berhenti dari dosa. Dia berusaha untuk merampas hasil pengorbanan Yesus dan kita melalui salah satu tipu daya terbesar dalam sejarah: menyebabkan orang percaya bahwa tidak mungkin untuk berhenti dari dosa.

Peperangan Rohani: Menabur


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Kita bergumul melawan kekuatan rohani yang jahat. Ini mencakup semua orang: pria, wanita, dan anak-anak. Ini bukan hanya orang percaya. Ini termasuk orang-orang yang tidak percaya dan tidak menjadi orang percaya.

Kita berada pada posisi yang sangat tidak menguntungkan dalam peperangan rohani melawan musuh rohani. Kita biasanya menyelaraskan hidup kita dengan apa yang kita rasakan melalui indera fisik kita. Indera fisik kita tidak berguna dalam perang rohani.

Yesus, Firman Allah, dan Roh Kebenaran mengungkapkan perang rohani kepada kita. Mereka memberitahukan kepada kita bagaimana musuh berperang melawan kita dan bagaimana melawan dan mengalahkannya. Pengajaran mereka sangat penting untuk menolong kita memenangkan perang rohani dan berjalan di jalan yang membawa kita kepada kehidupan.

Kita adalah bagian dari perang ini. Peperangan Rohani: Menabur akan memeriksa rincian pengajaran Tuhan tentang aspek menabur dari perang rohani. Detail-detail ini akan membantu kita menyelaraskan hidup kita dengan penaburan Firman Tuhan ke dalam hati kita. Detail-detail ini juga akan membantu kita menyelaraskan hidup kita untuk melawan penaburan benih Iblis ke dalam hati kita dan serang

Kebenaran Tentang Kehidupan Kekal


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Masalah kehidupan kekal - di mana dan bagaimana kita akan menghabiskan kekekalan - adalah masalah yang paling konsekuensial yang akan kita hadapi dalam hidup. Perbedaan konsekuensi bagi kita, jika kita menerima kehidupan kekal atau gagal menerimanya, sama ekstremnya dengan yang mungkin terjadi. Terlebih lagi, kita harus hidup dengan konsekuensinya selamanya.

Yesus memberi tahu kita bahwa masuk ke dalam hidup kekal itu sulit: banyak orang akan berusaha untuk masuk dan tidak akan bisa.

Berusahalah untuk masuk melalui pintu yang sempit. Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak dapat. (Lukas 13:24)

Biaya kegagalan untuk memasuki kehidupan kekal begitu besar sehingga kita akan sangat bodoh jika tidak mencari kebenaran tentang kehidupan kekal dengan ketekunan yang sepadan. Kebenaran Tentang Kehidupan Kekal ditulis untuk membantu dalam pencarian itu.

Pergi ke Jalan yang Seharusnya Anda Tempuh


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Tuhan berkata bahwa jika kita mau mendidik seorang anak di jalan yang seharusnya ia tempuh, bahkan ketika ia sudah tua, ia tidak akan menyimpang dari jalan itu.

Didiklah seorang anak menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu. (Amsal 22:6)

Banyak di antara kita yang memiliki anak mencari berkat dari janji itu dan membesarkan anak-anak dengan cara yang kita pikir mereka harus pergi.

Namun, berapa banyak dari kita yang berpikir untuk mencari Tuhan dan mengajar anak-anak kita untuk menempuh jalan yang Dia katakan? Untuk menyerahkan diri mereka setiap hari kepada Tuhan dan meminta Dia menunjukkan kepada mereka apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, menjadi apa, dan bagaimana menjadi dan menjadi seperti itu, untuk membimbing, mengarahkan, dan memerintahkan langkah-langkah mereka?

Pergi ke Jalan yang Seharusnya Anda Tempuh ditulis untuk para orang tua yang ingin melatih anak-anak mereka dengan cara yang Allah katakan bahwa mereka harus menempuh jalan yang seharusnya mereka tempuh. Buku ini ditulis bagi mereka yang dapat menasihati orang lain tentang jalan yang harus mereka tempuh. Akhirnya, buku ini ditulis bagi siapa saja yang ingin menempuh jalan yang seharusnya mereka tempuh dan menjadi orang yang seharusnya mereka tempuh.

Bersiaplah untuk akhir zaman


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Allah adalah raja, hakim, dan penebus langit dan bumi.


Sebagai raja, tujuan utama Allah adalah penyatuan kembali kerajaan-Nya yang lengkap dan kekal. Penyatuan kembali kerajaan-Nya akan terjadi ketika Dia telah menghancurkan musuh-musuh-Nya: Setan dan semua orang yang bersekutu dengannya. Dalam Matius 13:24-50, Yesus mengatakan bahwa orang-orang yang bersekutu dengan Setan akan dihancurkan pada akhir zaman di mana kita hidup. Orang-orang yang benar - yang menjadi apa yang seharusnya mereka lakukan dan melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan - akan masuk ke zaman berikutnya. Orang-orang yang tidak benar - yang tidak seperti apa yang dituntut untuk menjadi dan tidak melakukan apa yang dituntut untuk mereka lakukan - tidak akan pergi ke zaman berikutnya. Jalan yang mereka ikuti akan berakhir dengan kematian.


Sebagai hakim, Tuhan harus melakukan apa yang adil (Kejadian 18:25; Petrus Pertama 2:23). Sebelum akhir zaman, Tuhan akan menguji kita dan menimbang hati kita untuk menentukan apakah kita benar. Pada akhir zaman, Allah akan menghakimi dan menentukan siapa yang boleh masuk ke dalam masa seribu tahun kerajaan-Nya dan siapa yang harus dibinasakan.


Sebagai penebus, tujuan-Nya adalah menyelamatkan sebanyak mungkin orang. Sebelum akhir zaman, Allah akan memperingatkan kita bahwa akhir zaman sudah dekat dan memanggil kita untuk mempersiapkan diri. Ujian-ujian-Nya membantu kita mempersiapkan diri dan bekerja sebagai tanda-tanda untuk memperingatkan kita bahwa kita sedang mendekati akhir zaman. Ini adalah tanda-tanda yang mungkin kita lihat jauh sebelum binatang buas, nabi palsu, dll. sehingga kita dapat bersiap-siap ketika hal-hal itu terjadi.


Bersiaplah untuk akhir zaman akan membagikan


  • bahwa akan ada akhir zaman

    • bagaimana mempersiapkan diri untuk akhir zaman

    • apa yang harus kita lakukan untuk bertahan hidup di akhir zaman

    • apa yang harus kita lakukan untuk bertahan hidup di akhir zaman

    • bagaimana menjadi apa yang kita dituntut untuk menjadi

    • bagaimana melakukan apa yang harus kita lakukan

  • tanda-tanda akhir zaman




Pertumbuhan Rohani


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Pertumbuhan rohani adalah perubahan dan pertumbuhan sifat rohani dari keberadaan kita. Ini melibatkan transformasi dan pertumbuhan rohani menuju kedewasaan dan kesempurnaan.


Kedewasaan rohani memiliki dua karakteristik utama: ketajaman dan pengendalian diri. Ketajaman diperlukan untuk pengendalian diri.


Ketika kita dewasa secara rohani, kita tidak akan lagi menjadi bayi yang terombang-ambing oleh tipu daya.


Dan Ia memberikan rasul-rasul, nabi-nabi, penginjil-penginjil, gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua mencapai kesatuan iman dan pengenalan akan Anak Allah, sampai kita semua mencapai kedewasaan, sampai kita mencapai tingkat pertumbuhan kepenuhan Kristus, sehingga kita tidak lagi menjadi anak-anak yang diombang-ambingkan oleh ombak, dihembus-hembuskan oleh angin pengajaran, oleh kelicikan manusia, oleh tipu daya tipu daya yang licik. (Efesus 4:11-14).


Orang yang dewasa memiliki indera yang terlatih untuk membedakan yang baik dan yang jahat.


Makanan padat adalah untuk orang yang dewasa secara rohani, orang yang dengan terus-menerus menggunakan inderanya telah melatih indera mereka untuk membedakan yang baik dari yang jahat. (Ibrani 5:14).


Jadi, pertumbuhan rohani melibatkan transformasi ke cara baru dalam membedakan dan pematangan cara baru itu.


Orang yang dewasa secara rohani memiliki pengendalian diri.


Jika seseorang tidak tersandung dalam perkataannya, maka ia adalah orang yang dewasa rohani, yang sanggup mengendalikan seluruh tubuhnya. (Yakobus 3:2)


Jadi, pertumbuhan rohani juga melibatkan transformasi ke cara baru untuk mengendalikan diri kita sendiri dan pendewasaan cara baru itu.


Orang yang dewasa secara rohani memiliki semua atribut rohani yang diperlukan untuk kehidupan dan kesalehan. Pertumbuhan rohani melibatkan penambahan dan pendewasaan atribut-atribut tersebut.


Untuk bertumbuh secara rohani, kita harus melakukan dua hal. Kita harus memutuskan hubungan kita dengan aliran kerusakan yang menopang dan memperkuat sifat rohani kita yang rusak. Kita harus membentuk hubungan yang terus menerus dan kekal dengan aliran ketidakkorupsian yang akan membentuk, menopang, dan menguatkan sifat rohani yang baru di dalam diri kita.

Murid-murid yang Harus Kita Jadikan dan Bagaimana Kita Harus Menjadikannya


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Yesus mengajar murid-murid-Nya, membimbing mereka ke dalam kebenaran, dan menunjukkan kepada mereka apa yang harus mereka lakukan.

Ketika Yesus naik ke surga, Ia meminta Bapa untuk mengutus Roh Kudus untuk menggantikan-Nya: mengajar murid-murid-Nya, membimbing mereka ke dalam kebenaran, dan menunjukkan kepada mereka apa yang harus mereka lakukan.

Kepergian guru adalah saat yang kritis dalam kehidupan seorang murid. Siapakah yang harus mereka ikuti ketika guru pergi? Ini juga merupakan masalah bagi mereka yang menjadikan murid. Siapakah yang harus diikuti oleh murid-murid baru?

Roh Kudus adalah solusi Allah untuk masalah kepergian Yesus. Murid-murid harus mengikuti Roh Kudus dan menjadikan murid-murid baru yang juga mengikuti Roh Kudus.

Buku ini akan melihat

  • murid-murid

  • masalah-masalah ketika sang guru pergi

  • Solusi Tuhan untuk masalah kepergian Yesus

  • murid-murid yang seharusnya kita jadikan

  • bagaimana menjadikan murid-murid yang seharusnya kita jadikan

Kabar Baik


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Yesus menyuruh murid-murid-Nya untuk memberitakan Kabar Baik. Paulus mengatakan bahwa Kabar Baik adalah bagaimana Allah menyelamatkan manusia.

Apakah Kabar Baik itu? Apakah pemahaman kita tentang Kabar Baik cukup akurat dan lengkap untuk menghasilkan keselamatan bagi diri kita sendiri dan orang lain?

Kabar Baik dimulai ketika Zakharia bernubuat bahwa berkat dan kerajaan yang dijanjikan telah datang. Putra Zakharia, Yohanes Pembaptis, melanjutkan berita ini.

Yesus menambahkan Kabar Baik itu. Ia mengajarkan Kabar Baik Firman dan mengumumkan bahwa Ia adalah gembala yang baik yang dijanjikan. Menjelang akhir pelayanan-Nya yang sementara, Yesus menyatakan kedatangan perjanjian baru yang dijanjikan dan pencurahan Roh Kudus.

Kabar Baik adalah berita bahwa Allah telah menebus kita, membebaskan kita dari kuasa musuh-musuh kita, dan menyediakan jalan bagi kita untuk melayani Dia tanpa rasa takut dalam kekudusan dan kebenaran. Kabar Baik memberitahukan kepada kita bagaimana Allah melakukan hal ini dan bagaimana kita harus menyelaraskan hidup kita dengan pembebasan Allah dan penyediaan-Nya untuk kekudusan dan kebenaran.

Kabar Baik Tuhan menyatakan pembebasan di zaman sekarang, dari kehancuran ketika Tuhan menyapu orang jahat dari bumi, dan dari hukuman kekal di zaman yang akan datang.

Seri Nubuat Kristen

Gulungan dan penunggang kuda dari kitab Wahyu


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Allah memberikan wahyu kepada Yesus untuk menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya hal-hal yang harus terjadi. Dalam wahyu itu kita melihat sebuah gulungan kitab, tertulis di bagian dalam dan luar, dimeteraikan dengan tujuh meterai. Ketika keempat meterai pertama dibuka, kita melihat seorang penunggang kuda.

Apakah gulungan kitab itu? Siapa, atau apa, penunggang kuda itu? Bagaimana kita bisa membedakan apa atau siapa mereka? Bagaimana kita tahu bahwa kita telah membedakan dengan benar?

Banyak orang lain yang telah berusaha untuk mengidentifikasi gulungan kitab dan penunggang kuda. Buku ini tidak akan mencoba untuk menyangkal setiap identifikasi yang telah mereka buat, atau membahas setiap kemungkinan identifikasi. Pendekatannya adalah untuk menunjukkan bahwa bukti-bukti tersebut cocok dengan satu gulungan kitab dan satu set penunggang kuda. Jika pendekatan ini berhasil, maka secara efektif akan mengesampingkan semua gulungan dan penunggang kuda lainnya.

Buku ini tidak akan mencoba untuk membahas busur penunggang kuda pertama dan warna hijau dari penunggang kuda keempat karena terlalu sedikit informasi yang tersedia untuk membedakannya.

Gulungan itu akan diidentifikasi terlebih dahulu dengan menggunakan bukti-bukti yang berkaitan dengan gulungan itu. Kemudian setiap penunggang kuda akan diidentifikasi dengan menggunakan bukti-bukti mengenai setiap penunggang kuda.

Pertanyaan tentang membedakan dengan benar akan dijawab dengan menunjukkan bagaimana, para penunggang kuda cocok satu sama lain, para penunggang kuda cocok dengan gulungan kitab, gulungan kitab dan penunggang kuda sesuai dengan kitab Wahyu dan menunjukkan kepada kita hal-hal yang akan datang.

Buku-buku lain

Eksegesis yang Dipandu Roh


EPUB file: Unduh

PDF file: Unduh, Lihat


Mengapa Eksegesis yang Dipandu Roh membantu?

Karena Roh Kudus membimbing kita ke dalam kebenaran dalam eksegesis dengan cara yang sama seperti Dia membimbing kita ke dalam semua kebenaran, Eksegesis yang Dipandu Roh Kudus sangat membantu bagi mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang bagaimana Roh Kudus membimbing kita ke dalam kebenaran dan apa yang harus kita lakukan untuk dibimbing. Diskusi dan contoh dalam buku ini merupakan tambahan yang berharga bagi karya Pekerjaan yang dilakukan Roh Kudus untuk membimbing kita ke dalam kebenaran.

Eksegesis yang Dipandu Roh Kudus membagikan bagaimana Roh Kudus membimbing kita ke dalam kebenaran dan peran kita dibimbing dalam konteks eksegesis. Karena itu, buku ini juga bermanfaat bagi mereka yang mencari pertolongan Roh Kudus dalam proses eksegesis.

John W. Wyckoff dalam bukunya Pneuma and Logos:


  • "Apa, jika ada, hubungan Roh Kudus dengan hermeneutika alkitabiah?

  • Jika Roh Kudus terlibat, apakah sifat dan isi pengetahuan yang diperoleh sebagai hasil dari keterlibatan ini?

  • Siapakah yang memenuhi syarat sebagai penafsir yang dibimbing oleh Roh Kudus: dengan siapakah Roh Kudus bekerja di dalam proses ini?

  • Bagaimana Roh Kudus bekerja dengan penerjemah; apa sifat peran Roh dalam hubungannya dengan penerjemah manusia? "

  • "Apa peran manusia dalam penafsiran ketika Roh Kudus terlibat? "